Mahasiswa dari Inggris Berhasil Ciptakan Robot Bawah Laut dari Bahan Daur Ulang


Sekumpulan mahasiswa dari University of West England berhasil membangun sebuah robot dari bahan daur ulang. Robot tersebut memiliki fungsi untuk mendeteksi keberadaan pertambangan yang berlokasi di bawah laut. Para mahasiswa tersebut menggunakan perangkat bekas seperti berbagai perangkat rumah tangga, spare part mobil, router internet kamera yang diambil dari PlayStation 3, kipas komputer hingga lampu dari sebuah mobile Land Rover.
Robot tersebut pun mereka ikutsertakan dalam kompetisi internasional Autonomous Underwater Vehicles (AUV) yang berlangsung minggu ini di Italia. Gareth Griffith yang merupakan pimpinan dari tim robot tersebut mengatakan bahwa bagian tersulit dari pembangunan robot tersebut adalah membuat agar robot mampu bertahan dalam lingkungan yang berbahaya. Selain itu, robot juga harus memiliki ketahanan terhadap tekanan di bawah laut dan juga mempunyai bobot yang ringan.
Jika semua berlangsung dengan baik, robot yang dibangun dari bahan daur ulang ini memiliki kemampuan yang sebanding dengan robot pendeteksi pertambangan yang sebenarnya. Selain digunakan untuk mendeteksi lokasi pertambangan, robot AUV ini juga bisa digunakan untuk menginspeksi pengeboran minyak atau hal-hal lainnya.

Categories: Share

Leave a Reply